08 Oktober 2007

Idul Fitri Jatuh 13 Oktober

Ahli Falak Saudi:

Nurul Hidayati - detikcom

Jakarta - Jika ormas Muhammadiyah telah menetapkan Idul Fitri 12 Oktober 2007, pemerintah baru menentukan pada 11 Oktober, lalu bagaimana dengan belahan lain dunia?

Dr Ali Al-Shukri, kepala departemen fisika King Fahd University di Dhrahran menyatakan, 1 Syawal atau hari pertama Idul Fitri jatuh pada Sabtu 13 Oktober.

"Hari Jumat 12 Oktober bukan merupakan 1 Syawal, namun akan menjadi hari ke 30 bulan Ramadan," kata Shukri kepada harian Arab Saudi Al-Watan dan dilansir arabnews.com, awal pekan ini.

Dia menuturkan, bulan sabit 1 Syawal tidak terlihat pada Kamis petang 11 Oktober. "Saya menyatakan ini berdasarkan perhitungan astronomi (falak), dan awal serta akhir bulan ditentukan hanya setelah melihat bulan," ujar Shukri.
Masyarakat Astronomi Uni Emirat Arab yang berpusat di Abu Dhabi juga menyatakan bahwa Sabtu 13 Oktober akan menjadi Idul Fitri di sebagian besar negara Islam.

Mohammed Shaukat Awda, anggota komunitas tersebut yang juga Ketua Islamic Crescents' Observation Project (ICOP), menyatakan, berdasarkan perhitungan 350 ahli falak yang tergabung dalam ICOP, Idul Fitri jatuh 13 Oktober.

Ahli falak Bahrain, Dr Waheed Al Nasser juga punya perhitungan serupa. "13 Oktober merupakan 1 Syawal," ujarnya seperti dilansir Bahrain News Agency.

Daftar Libur

Pemerintah UEA sendiri belum menetapkan kapan Idul Fitri jatuh karena masih menunggu pengamatan bulan. Yang sudah mereka lakukan adalah mengeluarkan daftar libur Idul Fitri. Demikian dilansir Khaleej Times Online.

Libur Idul Fitri bagi pegawai pemerintahan ditetapkan mulai Kamis 11 Oktober. Bila 1 Syawal jatuh pada Jumat 12 Oktober, maka para pegawai masuk kerja pada 15 Oktober. Namun bila 1 Syawal jatuh pada Sabtu 13 Oktober, maka pegawai baru ngantor pada 16 Oktober.

Kerajaan Oman juga belum memutuskan kapan 1 Syawal jatuh. Mereka telah menetapkan libur Idul Fitri bagi pegawai pemerintahan pada 13 hingga 17 Oktober dan ngantor kembali pada 20 Oktober. Demikian dilansir Times of Oman.

Sedangkan bagi pegawai swasta, libur Idul Fitri dimulai 13 Oktober hingga 16 Oktober dan masuk bekerja kembali pada 17 Oktober. (nrl/umi)

Tidak ada komentar: